Lakukan Hal Sederhana Ini Agar Tampak Lebih Profesional Di Usia 20-an

Di postingan kali ini, saya mau bagi sedikit tips tentang hal-hal sederhana yang perlu kita lakukan agar tampak profesional. Pengalaman yang saya mau bagikan ini merupakan kisah nyata (opo seh) dari pengalaman kerja saya saat magang di sebuah wedding planner terkenal di Surabaya dan saat sekarang saya kerja di Digital Agency yang punya banyak klien yang tersebar di Indonesia, Taiwan, Australia, Jepang.

Untuk itu, di postingan kali ini saya bakal kasih beberapa tips simple yang bisa lu lakukan agar lu tampak profesional, apalagi saat lu mulai masuk ke dunia kerja. Nih tips-tipsnya:

Hati-hati Menggunakan Social Media.

communication-1296385_960_720

Eh, tolong kalau post di social media jangan yang terlalu alay. Ilfil banget kalo ngeliat orang usia akhir 20-an tapi masih update ngambek2 di social media. Ada juga yang lagi berantem sama pacar malah curhatnya di Social Media. “Tapi kan itu social media aku. Terserah aku donk mau ngomong apa di status. Itu kan media sosial, bukan dinas sosial”, tolong jangan pakai alasan klasik seperti itu untuk pembelaan curhat lu di social media. Masih juga dengan dunia digital, ingat juga untuk ganti tuh alamat email yang alay.

Ganti Alamat Email.

is09a3b3r

Eh, siapa yang di sini masih punya alamat email yang @l4y (*baca: alay) ? Kalau lu masih pake alamat email yang alay, mendingan lu ganti deh. Pengakuan dosa nih: alamat email saya dulu namanya “nooneeternal@(provider).com”. Tuh alamat email saya buat waktu lagi galau ceritanya, abis dulu itu masa-masa jomblo ngenes (sampai sekarang ya jomblo koq) jadi merasa bahwa semua itu gak ada yang abadi (cieh). Tapi setelah masuk dunia kerja, saya sadar bahwa alamat email yang alay itu malah diketawain lho.

Jadi kalau lu mau masuk ke dunia bisnis yang bener-bener kenceng tuntutan profesionalnya, lu inget ya, ganti tuh alamat email. Pilih alamat email yang sesuai. Biasanya sih menggunakan nama lengkap, contoh: angwynsulistono@(provider).com. Lanjut ya, trus….

… Jangan pernah curhat tentang kelakuan klien / boss / rekan kerja di social media.

Please deh, itu buat orang jadi ilfil sama lu. Gak cuma orang-orang yang ada di sekitar lu. Lu bakal menutup banyak sekali peluang dan kesempatan hanya karena omongan lu yang terlalu bebas dan gak tertata di social media. Hayo lu yang masih ngelakuin dosa ini, segeralah bertobat nak. Hahhahaha. *buat yang kesindir: lu bakal terima kasih sm gue karena udah gue ingetin*. Setelah lu bisa jaga emosi dan perkataan, lu kudu belajar atur waktu.

Punyai Agenda..

agenda-366244_960_720

Agenda ini penting banget untuk nyatet kegiatan lu, apa yang harus lu lakukan hari itu. Saya kaget banget waktu liat adik yang baru SD aja udah diajari dari sekolah untuk pake agenda untuk nyatet tugas-tugasnya apa aja. Saya lupa kalo dulu pas sekolah juga udah diajari pake gituan. Saking saya aja orangnya males jadi jarang pake gituan. Tapi puji Tuhan sekarang udah tobat (mendingan) koq. Ahahahahhaah.

Kalau soal Agenda, lu bisa pilih yang elektronik atau juga yang bentuk buku. Kalau saya, imannya masih kenceng banget sama pen and paper (saya aliran orang antik kalo soal ginian). Tapi jangan salah, saya gak jadul-jadul banget men. Saya pake calender.

Pake Kalender.

calendar-1255953_960_720

Supaya lu tampak lebih profesional, lu kudu pantengin tuh jadwal. Jangan sampai kegiatan-kegiatan lu berantaan hanya karena salah jadwal atau lupa ada janji. Saya juga gabungin Agenda dengan Google Calendar supaya lebih afdol. Jadi jadwal saya kekontrol semua deh.

Gitu deh. Lu pernah denger omongan gini gak,”janganlah seorangpun memandang engkau rendah karena engkau muda”? Nah tuh kata-kata kudu lu dengerin kalau lu mau ‘lari kenceng’ di usia 20-an.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kalau misal kalian rasa bermanfaat. (˜wyn)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s